Keutamaan 8 Lafaz Selawat Nabi SAW Yang Sahih
: : .
Dari Anas bin malik radhiallahu anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang mengucapkan selawat kepadaku satu kali maka Allah akan berselawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)[SHAHIH. Hadits Riwayat An-Nasai (no. 1297), Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban (no. 904) dan al-Hakim (no. 2018), dishahihkan oleh Ibnu Hibban rahimahullah, al-Hakim rahimahullah dan disepakati oleh adz-Dzahabi, rahimahullah juga oleh Ibnu hajar rahimahullah dalam Fathul Baari (11/167) dan al-Albani rahimahullah dalam Shahihul adabil mufrad (no. 643). ].
Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan berselawat kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dan anjuran memperbanyak selawat tersebut [Lihat Sunan an-Nasai (3/50) dan Shahiihut targiib wat tarhiib (2/134)], karena ini merupakan sebab turunnya rahmat, pengampunan dan pahala yang berlipatganda dari Allah Taala [Lihat kitab Faidhul Qadiir (6/169)].
Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini :
Banyak berselawat kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam merupakan tanda cinta seorang muslim kepada baginda Shallallahu alaihi wa sallam [Lihat kitab Mahabbatur Rasul Shallallahu alaihi wa sallam, bainal ittibaa walibtidaa (hal. 77).], karena para ulama mengatakan: Barangsiapa yang mencintai sesuatu maka dia akan sering menyebutnya [Lihat kitab Minhaajus sunnatin nabawiyyah (5/393) dan Raudhatul muhibbiin (hal. 264).].
Yang dimaksud dengan salawat di sini adalah salawat yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits-hadits beliau Shallallahu alaihi wa sallam yang shahih (yang biasa dibaca oleh kaum muslimin dalam shalat mereka ketika tasyahhud), bukan selawat-selawat yang diada-adakan oleh orang-orang yang datang belakangan, seperti selawat nariyah, badriyah, syifa’ dan selawat-selawat yang lainnya. Kerana selawat adalah ibadah, maka syarat diterimanya harus ikhlas kerana Allah Taala semata dan sesuai dengan tuntunan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam [Lihat kitab Fadha-ilush shalaati wassalaam (hal. 3-4), tulisan syaikh Muhammad bin Jamil Zainu.].
Juga kerana ketika para sahabat radhiyallahu anhuma bertanya kepada baginda Shallallahu alaihi wa sallam: (Ya Rasulullah), sungguh kami telah mengetahui cara mengucapkan salam kepadamu, maka bagaimana cara kami mengucapkan selawat kepadamu?
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab: Ucapkanlah: Ya Allah, berselawatlah kepada (Nabi) Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dan keluarga beliaudst seperti selawat dalam tasyahhud akhir [SHAHIH. Riwayat Bukhari (no. 5996) dan Muslim (no. 406)].
Makna selawat kepada nabi Shallallahu alaihi wa sallam adalah meminta kepada Allah Taala agar Dia memuji dan mengagungkan baginda Shallallahu alaihi wa sallam di dunia dan akhirat, di dunia dengan memuliakan peneyebutan (nama) baginda Shallallahu alaihi wa sallam, memenangkan agama dan mengokohkan syariat Islam yang beliau bawa. Dan di akhirat dengan melipatgandakan pahala kebaikan beliau Shallallahu alaihi wa sallam, memudahkan syafaat beliau kepada umatnya dan menampakkan keutamaan beliau pada hari kiamat di hadapan seluruh makhluk [Lihat kitab Fathul Baari (11/156)].
Makna selawat dari Allah Taala kepada hamba-Nya adalah limpahan rahmat, pengampunan, pujian, kemualian dan keberkahan dari-Nya [Lihat kitab Zaadul masiir (6/398).]. Ada juga yang mengartikannya dengan taufik dari Allah Taala untuk mengeluarkan hamba-Nya dari kegelapan (kesesatan) menuju cahaya (petunjuk-Nya), sebagaimana dalam firman-Nya:
{ }
Dialah yang berselawat kepadamu (wahai manusia) dan malaikat-Nya (dengan memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman (Surah al-Ahzaab ayat 43).
Lafaz bacaan selawat yang paling ringkas yang sesuai dalil2 yang shahih adalah :
Allahumma shollii wa sallim alaa nabiyyinaa Muhammad.
Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad) .
[SHAHIH. HR. At-Thabrani melalui dua isnad, keduanya baik. Lihat Majma Az-Zawaid 10/120 dan Shahih At- Targhib wat Tarhib 1/273].
Kemudian terdapat riwayat-riwayat yang Shahih dalam delapan riwayat, yaitu :
1. Dari jalan Kaab bin Ujrah
Allaahumma sholli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kamaa shollaita alaa ibroohiim wa alaa aali ibroohiim innaka hamiidum majiid, Allaahumma baarik alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kamaa baarokta alaa ibroohiim wa alaa aali ibroohiim innaka hamiidum majiid.
Ya Allah berilah selawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah berselawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya Allah, Berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia
[SHAHIH, HR. Bukhari 4/118, 6/27, dan 7/156, Muslim 2/16, Abu Dawud no. 976, 977, 978, At Tirmidzi 1/301-302, An Nasa-i dalam Sunan 3/47-58 dan Amalul Yaum wal Lailah no 54, Ibnu Majah no. 904, Ahmad 4/243-244, Ibnu Hibban dalam Shahih nya no. 900, 1948, 1955, Al Baihaqi dalam Sunanul Kubra 2/148 dan yang lainnya]
2. Dari jalan Abu Humaid As Saadiy
Allaahumma sholli alaa Muhammadin wa alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa shol laita alaa ibroohiim, wa baarik alaa Muhammadin wa alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa baarokta alaa ibroohiim innaka hamiidum majiid.
Ya Allah,berilah selawat kepada Muhammad dan kepada isteri-isteri baginda dan keturunannya,sebagaimana Engkau telah berselawat kepada Ibrahim. Ya Allah, Berkahilah Muhammad dan isteri-isteri baginda dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim,Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia
[SHAHIH, HR. Bukhari 4/118, 7/157, Muslim 2/17, Abu Dawud no. 979, An Nasa-i dalam Sunan nya 3/49, Ibnu Majah no. 905, Ahmad dalam Musnad nya 5/424, Baihaqi dalam Sunanul Kubra 2/150-151, Imam Malik dalam Al Muwaththo 1/179 dan yang lainnya].
3. Dari jalan Abi Masud Al Anshariy
Allaahumma sholli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kamaa shol laita alaa aali ibroohiim ,wa baarik alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kamaa baarokta alaa aali ibroohiim fil aalamiina innaka hamiidum majiid.
Ya Allah berilah selawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah berselawat kepada Ibrahim, dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim atas sekalian alam, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia
[SHAHIH, HR Muslim 2/16, Abu Dawud no. 980, At Tirmidzi 5/37-38, An Nasa-i dalam Sunan nya 3/45, Ahmad 4/118, 5/273-274, Ibnu Hibban dalam Shahih nya no. 1949, 1956, Baihaqi dalam SUnanul Kubra 2/146,dan Imam Malik dalam AL Muwaththo (1/179-180 Tanwirul Hawalik Syarah Muwaththo’]
4.Dari jalan Abi Masud, Uqbah bin Amr Al Anshariy (jalan kedua)
Allaahumma sholli alaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aali Muhammad kamaa shol laita alaa ibroohiim wa alaa aali ibroohiim, wa baarik alaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aali Muhammad kamaa baarokta alaa ibroohiim wa alaa aali ibroohiim innaka hamiidum majiid.
Ya Allah berilah selawat kepada Muhammad yang ummi dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berselawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim.Dan berkahilah Muhammad Nabi yang ummi dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia
[SHAHIH, HR. Abu Dawud no. 981, An Nasa-i dalam Amalul Yaum wal Lailah no. 94, Ahmad dalam Musnad nya 4/119, Ibnu Hibban dalam Shahih nya no. 1950, Baihaqi dalam Sunan nya no 2/146-147, Ibnu Khuzaimah dalam Shahih nya no711, Daruquthni dalam Sunan nya no 1/354-355, Al Hakim dalam Al Mustadrak 1/268, dan Ath Thabrany dalam Mujam Al Kabir 17/251-252]
5. Dari jalan Abi Said Al Khudriy
Allaahumma sholli alaa Muhammadin abdika wa rosuulika kamaa shol laita alaa aali ibroohiim, wa baarik alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kamaa baarokta alaa ibroohiim.
Ya Allah berilah selawat kepada Muhammad hambaMu dan RasulMu, sebagaimana Engkau telah berselawat kepada Ibrahim. Dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim
[SHAHIH, HR Bukhari 6/27, 7/157, An Nasa-i 3/49, Ibnu Majah no. 903, Baihaqi 2/147, dan Ath Thahawiy dalam Musykilul Atsaar 3/73]
6. Dari jalan seorang laki2 sabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam
Allaahumma sholli alaa Muhammad wa alaa ahli baitihi wa alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa shollaita alaa aali ibroohiim innaka hamiidum majiid , wa baarik alaa Muhammad wa alaa ahli baitihi wa alaa azwaajihi wa dzurriyyatihi kamaa baarokta alaa aali ibroohiim innaka hamiidum majiid.
Ya Allah berilah selawat kepada Muhammad dan kepada ahli baitnya dan isteri-isterinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah berselawat kepada Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Dan berkahilah Muhammad dan kepada ahli baitnya dan isteri-isterinya dan keturunannya, sebagimana Engkau telah memberkahi Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia
[SHAHIH, HR. Ahmad 5/347, Ini adalah lafazhnya, Ath Thowawiy dalam Musykilul Atsaar 3/74], dishahihkan oleh Al Albani dalam Sifaat sahalat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, hal 178-179].
7. Dari jalan Abu Hurairah
Allaahumma sholli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad wa baarik alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad, kamaa shollaita wa baarokta alaa ibroohiim wa alaa aali ibroohiim innaka hamiidum majiid.
Ya Allah berilah selawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad,sebagaimana Engkau telah berselawat dan memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia
[SHAHIH, HR Ath Thowawiy dalam Musykilul Atsaar 3/75, An Nasa-i dalam Amalul Yaum wal Lailah no 47 dari jalan Dawud bin Qais dari Nuaim bin Abdullah al Mujmir dari Abu Hurairah , Ibnul Qayyim dalam Jalaaul Afhaam Fish Shalati Was Salaami alaa Khairil Anaam (hal 13) berkata, Isnad Hadist ini shahih atas syarat Syaikhaini (Bukhari dan Muslim), dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Sifaat sahalat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, hal 181 ]
8. Dari jalan Thalhah bin Ubaidullah
Allaahumma sholli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kamaa shol laita alaa ibroohiim wa alaa aali ibroohiim innaka hamiidum majiid, wa baarik alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kamaa baarokta alaa ibroohiim wa aali ibroohiim innaka hamiidum majiid.
Ya Allah berilah selawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah berselawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim,sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.
[SHAHIH, HR. Ahmad 1/162, An Nasa-i dalam Sunan: nya 3/48 dan Amalul Yaum wal Lailah no 48, Abu Nuaim dalam Al Hilyah 4/373,semuanya dari jalan Utsman bin Mauhab dari Musa bin Thalhah, dari bapaknya (Thalhah bin Ubaidullah), dishahihkan oleh Al Albani].
Tentang Ucapan
Di sunnahkan (sebagian ulama mewajibkannya) mengucapkan selawat dan salam kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam setiap kali menyebut atau disebut nama baginda, yaitu dengan ucapan :
Shallallahu alaihi wa sallam
Riwayat2 yang datang tentang ini banyak sekali, diantaranya dari dua hadits shahih di bawah ini :
1. Dari jalan Husain bin Ali bin Abi Thalib, ia berkata,
Bahwasanya Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda, Orang yang bakhil (kikir/pelit) itu ialah orang yang apabila namaku disebut disisinya, kemudian ia tidak berselawat kepadaku (dengan ucapan-red)
(shallallahu alaihi wa sallam).
[SHAHIH. Dikeluarkan oleh AT Tirmidzi 5/211, Ahmad 1/201 no 1736, An Nasa-i no 55,56 dan 57, Ibnu Hibban 2388, Al Hakim 1/549, dan Ath Thabraniy 3/137 no 2885.
2. Dari Abu Hurairah, ia berkata, Telah bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam : Hina dan rugi serta kecewalah seorang yang disebut namaku disisinya, lalu ia tidak berselawat kepadaku.
[SHAHIH. Dikeluarkan oleh Imam At Tirmidzi 5/210, dan Al Hakim 1/549. Dan At Tirmidzi telah menyatakan bahwa hadits ini Hasan].
Hadits ke dua ini, banyak syawaahidnya dari jamaah para sahabat, sebagaimana disebutkan dalam kitab-kiatb : At Targhib wat Tarhib (2/506-510) Imam Al Mundzir, Jalaa-ul Afhaam (hal 229-240) Ibnu Qayyim, Al Bukhari dalam Adabul Mufrad (no 644, 645), Ibnu Khuzaimah (no 1888), Ibnu Hibban (no 2386 dan 2387 Mawaarid).
via Bin Usrah
sumber : www.gengviral.com
Sumber: gengviral
–> Klik jika rasa post ini patut dibuang
Artikel ini hanyalah perkongsian dari pelbagai website dan blog. Sekiranya perkongsian artikel yang dilaporkan disalahertikan kami tidak akan bertanggungjawab. Terima Kasih
0 comments:
Post a Comment